Proses Terjadinya Pemanasan GlobalProses terjadinya pemanasan global, umumnya dikarenakan suhu bumi yang semakin meningkat dikarenakan berbagai hal. Salah satunya seperti emisi karbon dioksida karena efek rumah kaca dan berbagai penyebab lainnya yang berasal dari manusia.

Pemanasan global atau global warming sangat berdampak bagi manusia dan seluruh makhluk hidup di bumi. Global warming ini masuk dalam perubahan iklim yang terjadi secara tiba-tiba berupa kenaikan suhu rata-rata pada atmosfer bumi.

Jika hal ini terus terjadi makan bisa saja akan ada pergantian musim yang tadinya tidak ada jadi ada di darat tertentu. Dampak paranya adalah es di kutub utara maupun selatan mencair, dan air laut akan naik. Lalu seperti apa proses global warming ini?

Seperti apa Proses Terjadinya Pemanasan Global?

Pemanasan global terjadi karena suhu rata-rata bumi meningkat hingga hampir dua kali lipat dari 50 tahun lalu. Hal ini terjadi karena berbagai faktor seperti pembakaran hutan liar, atau efek rumah kaca, dan berbagai industri yang semakin besar.

Gas rumah kaca yang semakin tebal akan semakin membuat panas matahari semakin banyak. Akibatnya bumi jadi semakin panas, berbeda dari masa revolusi industri abad ke-18.

Dampak yang diberikan juga sangat besar bagi semua penghuni bumi. Contohnya jika bumi semakin panas makan gletser akan cair, dan bila dibiarkan bukan tidak mungkin kalau daratan akan menghilang.

Karena dampak dari panas bumi sangat besar, alangkah baiknya untuk mengatasinya mulai dari sekarang. Hal ini juga kami sampaikan, karena prdiksi 30 tahun lagi daratan akan menyempit dan manusia akan kesulitan untuk mencari tempat untuk tinggal.

Aktivitas manusia yang merugikan dan menyebabkan global warming seperti penebangan liar, emisi gas bahan bakar, limbah industri dan pertanian, penggunaan listrik perlu dikurangi.

Proses Pemanasan Global

Penasaran bagaimana proses terjadinya pemanasan global? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas bersama.

Di bumi, ada beberapa gas-gas di atmosfer yang berfungsi untuk menahan panas tersebut. Dalam campfire, terdiri sekitar 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas lainya. Sebagian dari berbagai gas tersebut terbuat dari, gas rumah kaca meliputi uap air, karbon dioksida, ozon, metana, dinitrogen oksida dan sebagainya.

Gas-gas tadi bekerja sebagai selimut, agar suhu bumi tidak terlalu panas. Lalu apa yang mengakibatkan panas bumi? Suhu bumi yang meningkat adalah akibat meningkatnya emisi gas rumah kaca. Hal tersebutlah yang mengakibatkan perubahan suhu, dan membuat berbagai sistem ekosistem di bumi, seperti perubahan iklim yang ekstrim.

Untuk proses  terjadinya pemanasan global, disebabkan kenaikan suhu bumi yang disebabkan beberapa hal. Contoh seperti rumah kaca yang menghangatkan, menyeimbangkan suhu hangat untuk tanaman.

Peningkatan suhu yang ada dalam rumah kaca, terjadi karena cahaya dan panas matahari terhalang kaca sehingga udara panas tidak bisa keluar. Pemanasan gerobak juga sama seperti itu.

Tumpukan karbon dioksida yang ada di atmosfer menahan panas keluar sehingga pemanasan global terjadi. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda perlu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara.

Selain itu, melakukan reboisasi dan penghijauan hutan juga penting agar ekosistem kembali berkembang seperti semula. CO² juga akan terserap oleh tumbuhan sehingga pemanasan global bisa diatasi.

Itulah proses terjadinya pemanasan global yang bisa kami berikan. Intinya pemanasan global sangat berdampak sehingga penting untuk menanggulanginya agar tidak semakin buruk dampak yang diberikan pada kita semua.

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.