Contoh Peristiwa Pemanasan GlobalPemanasan global merupakan salah satu ancaman yang cukup serius bagi umat manusia. Mungkin tidak akan kita rasakan saat ini, namun efek daripada fenomena ini terlihat puluhan tahun ke depan. Contoh peristiwa pemanasan global ada banyak yang perlu Anda ketahui.

Misalnya saja Bumi yang mengalami perubahan suhu dapat menyebabkan masalah besar jika tidak segera mengatasinya. Namun sayang sekali mayoritas masyarakat belum menyadari akan peristiwa ini.

Deretan Contoh Peristiwa Pemanasan Global

Perlu Anda ketahui, sinar matahari diserap oleh bumi setiap harinya. Dalam keadaan ideal, bumi akan menyerap sebagian panas matahari dan akan dikembalikan ke luar angkasa sebagian lainnya.

Namun, karena adanya emisi gas rumah kaca di atmosfer bumi seperti metana, uap air, gas CO2, gas sulfur dioksida, dan yang lainnya, maka panas tersebut terperangkap di bumi dan tidak bisa terlepas ke atmosfer. Sehingga bumi akan semakin panas akibat banyak gas yang tidak mampu kembali ke atmosfer.

Banyak gejala alam yang tidak wajar terjadi akibat global warming atau pemanasan global ini. Dampak alam berupa perubahan iklim seperti perubahan musim yang berlangsungnya lebih cepat daripada biasanya, permukaan air laut meningkat, dan masih banyak lagi.

Tentu saja kondisi alam seperti itu sangat merugikan dan untuk kehidupan umat manusia cukup membahayakan. Sehingga tidak heran jika isu pemanasan global selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat di berbagai kalangan. Contoh peristiwa pemanasan global diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Cuaca Ekstrem

Pergantian musim maupun cuaca secara cepat. Salah satu contoh peristiwa pemanasan global tersebut semakin jelas terjadi. Terutama di daerah subtropis atau pegunungan yang tertutup salju. Akibat panas bumi, maka salju dan es semakin cepat mencair.

  1. Muncul Berbagai Penyakit

Global warming membuat suhu udara naik. Dengan demikian pertumbuhan nyamuk semakin cepat akibat hewan tersebut sering melakukan perkawinan antara satu sama lain saat suhu udara naik. Alhasil, nyamuk-nyamuk akan menghasilkan telur yang banyak.

  1. Tumbuhan dan Hewan Banyak yang Mati

Contoh peristiwa pemanasan global berikutnya adalah mati dan punahnya hewan maupun tumbuhan. Jika suhu udara di muka bumi ini mengalami peningkatan, maka air akan semakin mengering. Lalu secara tidak langsung akan membuat banyak pohon mati. Hal tersebut juga akan berdampak pada kelangsungan hidup hewan.

Upaya Mengurangi Pemanasan Global

Untuk mengatasi global warming, perlu adanya kesadaran dari warga bumi. Jadi, kebiasaan-kebiasaan buruk manusia harus diubah untuk mengurangi pemanasan global. Contoh peristiwa pemanasan global perlu mendapat keseriusan dalam menanganinya.

Kita semua dapat melakukan mulai dari hal kecil. Misalnya saja adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika memungkinkan mendaur ulang sampah-sampah yang ada. Sebaiknya mengurangi sampah plastik dan bahan yang tidak dapat diuraikan.

Cara menanggulangi pemanasan global berikutnya dengan hemat pemakaian listrik, investasi pada produk ramah lingkungan, dan mengurangi pemakaian dari energi fosil. Selain itu, kurangi berkendara menggunakan kendaraan bermotor dan beralih ke energi yang ramah lingkungan.

Fakta suhu bumi yang terus mengalami peningkatan ini perlu mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Karena bisa dibayangkan jika peristiwa naiknya suhu bumi ini terus berlangsung, maka akan mengancam kehidupan dan iklim akan berubah.

Contoh peristiwa pemanasan global perlu Anda perhatikan untuk membangun kesadaran yang tinggi dalam upaya mengatasinya. Karena pemanasan global ini sangat berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem di muka bumi.

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.