Cara Mengatasi Global WarmingCara mengatasi global warming atau pemanasan global ini memang agak mudah tapi juga agak sulit bukan. Sebab, pemanasan global akan membuat beberapa tempat di dunia mengalami banyak perubahan ekstrim. Kondisi bumi sekarang ini sudah semakin buruk karena ulah dari manusia tidak bertanggung jawab. Lantas apa saja cara dan langkah mengatasi?

Inilah Cara Mengatasi Global Warming Akibat Ulah Manusia Tidak Bertanggung Jawab

Banyak sekali manusia yang merusak alam, sehingga akan berdampak pemanasan global. Namun dengan begitu ada cara mengatasi global warming ini. Semakin banyaknya penebangan liar tentu membuka lahan baru, hingga akan meningkatkannya penggunaan kendaraan menjadi penyebab pemanasan global.

Global warming sendiri merupakan kenaikan suhu rata-rata udara di dekat permukaan bumi dan lautan yang sudah terjadi pertengahan abad ke 19 dan diproyeksikan akan terus berlangsung. Mayoritas naiknya suhu sudah diamati dari pertengahan abad 20 dikarenakan konsentrasi gas pada rumah kaca dapat meningkat tajam. Nah, berikut ini cara mengatasi pemanasan global agar terhindar dari dampak banjir, tanah longsor, dan terkenanya demam berdarah.

Beli Dan Gunakan Barang Hemat Energi

Cara mencegah pemanasan global pertama yakni belilah barang hemat energi. Peralatan rumah sekarang ini sudah banyak hadir dalam berbagai mode hemat energi ya. Misalnya saja lampu LED dirancang untuk memberikan cahaya tampak lebih alami dengan menggunakan energi jauh lebih sedikit daripada lampu standar.

Menanam Pohon

Tanamlah pohon sebanyak mungkin. Hal ini bisa mencegah pemanasan global di seluruh dunia. Anda bisa menanam pohon di halaman rumah atau menaruh tanaman kecil di terasa. Selama fotosintesis, pohon dan tanaman lain untuk menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.

Tanaman dan tumbuhan hijau merupakan integral dari siklus pertukaran atmosfer secara alami. Ada juga beberapa tanaman bisa melawan peningkatan karbon dioksida disebabkan oleh lalu lintas mobil, manufaktur, dan kegiatan manusia lainnya.

Kurangi Penggunaan Pemanas Air

Untuk mencegah global warming ketiga yakni kurangi dalam hal penggunaan pemanas air. Aturlah pemanas air pada 120 derajat untuk menghemat energi. Beli pancuran rendah untuk menghemat air panas dan sekitar 350 pon karbon dioksida pe tahunnya. Cucilah pakaian atau penggunaan dengan air hangat untuk mengurangi penggunaan air panas dan energi yang dibutuhkan dalam memproduksinya.

Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum. Salah satu penyebab pemanasan global ini sangatlah cukup besar, sehingga akan kepadatan penduduk di dunia kian bertambah. Pertambahan penduduk, maka kendaraan akan selalu bertambah.

Akibatnya, kendaraan akan mengeluarkan asap mengandung gas karbon monoksida. Gas inilah akan berbahaya bagi lingkungan karena bisa menjadi penghalang pemantulan panas bumi yang akan menyebabkan efek rumah kaca.

Reduce, Reuse, Recycle

Melakukan reduce, reuse, dan recycle merupakan cara mengatasi pemanasan global selanjutnya. Reduce merupakan kegiatan menggunakan produk kemasan, terutama plastik. Ruse merupakan langkah menggunakan kembali benda bekas. Sedangkan untuk reuse sebagai kegiatan mendaur ulang barang sudah tidak terpakai sehingga bisa berguna kembali.

Mengurangi Penggunaan Peralatan Yang Mengandung CFC

Cara mengatasi global warming lainnya yakni dengan mengurangi penggunaan peralatan dengan banyak kandungan CFC. CFC sendiri antara lain seperti penggunaan deodoran, hairspray, semprotan nyamuk, dan peralatan lainnya. Sebenarnya kandungan CFC ini berkontribusi terhadap penipisan ozon, bisa menimbulkan efek paling rusak. Secara umum CFC juga dipergunakan sebagai pendingin ruangan.

Cara mengatasi global warming di atas harus Anda terapkan kehidupan sehari-hari ya, karena semua itu merupakan salah satu cara untuk mencegah pemanasan global.

Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.